Bogor, 22-23 Oktober 2024 – Kegiatan International Conference of Educational Sciences (ICONEDS) 2024 Batch II sukses digelar pada tanggal 22-23 Oktober 2024 di Universitas Pakuan, Bogor, dan SMK Plus Pelita Nusantara, Bogor. Kegiatan ini juga melibatkan berbagai program studi doktor pendidikan dari berbagai universitas di Indonesia, serta diselenggarakan melalui Perkumpulan Program Studi Doktor Pendidikan (PPSDP).
Kegiatan ICONEDS 2024 Batch II ini terdiri dari beberapa rangkaian acara, antara lain Seminar Internasional, Visiting Scholar, Doctoral Consortium Dissertation, Benchmarking, serta Pengabdian Kepada Masyarakat Bersama. Acara ini diikuti oleh 16 program studi doktor pendidikan dari berbagai universitas ternama di Indonesia, seperti Universitas Bengkulu, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Padang, dan Universitas Muhammadiyah Makassar, yang semuanya turut berkontribusi dalam kegiatan ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam kegiatan Seminar Internasional, para peserta membahas isu-isu terkini dalam bidang pendidikan, berbagi pengetahuan dan pengalaman antar universitas, serta memperkenalkan berbagai inovasi pendidikan yang dapat diimplementasikan di Indonesia.
Selain itu, kegiatan Visiting Scholar juga berjalan dengan lancar, di mana para peserta berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan pakar pendidikan internasional yang diundang sebagai pembicara. Mereka membahas tren dan tantangan pendidikan global yang relevan dengan konteks Indonesia.
Di sisi lain, Doctoral Consortium Dissertation menjadi sesi penting dalam acara ini, di mana para peserta mempresentasikan disertasi mereka untuk mendapatkan umpan balik konstruktif dari sesama peserta dan pembimbing.
Kegiatan Benchmarking juga dilaksanakan untuk membandingkan praktik terbaik dalam pengelolaan pendidikan antar program studi, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di masing-masing universitas.
Kegiatan yang tak kalah penting adalah Pengabdian Kepada Masyarakat Bersama di SMK Plus Pelita Nusantara, Bogor, yang bertujuan untuk memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat sekitar. Para peserta melakukan berbagai kegiatan edukatif yang melibatkan siswa SMK, seperti pelatihan, seminar, dan diskusi terkait pengembangan pendidikan vokasi dan keterampilan.
Semua rangkaian kegiatan tersebut terlaksana dengan lancar dan sukses, serta memberikan dampak positif bagi pengembangan pendidikan di Indonesia. Kegiatan ini menjadi bukti komitmen Unismuh Makassar dan peserta lainnya dalam terus berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di tanah air.
Dengan terlaksananya ICONEDS 2024 Batch II, diharapkan dapat terjalin kemitraan yang lebih erat antar universitas, serta menghasilkan gagasan dan solusi inovatif untuk memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia.